Memulai program c++

Pertama kali saya belajar pemrograman adalah bahasa pascal, yang saya ingat waktu itu adalah write, writeln, readln, namun setelah itu saya bosan karena bahasa tersebut saya rasa masih sulit, setelah itu saya mempelajari secara langsung dari source code program database dari Visual basic 6.0, dari situ saya langsung tertarik dengan bahasa VB karena memiliki GUI, itu membuat saya seperti seorang developer program sungguhan, saat iru saya bingung, yang saya lakukan adalah cek kode dan run, cek kode dan run (kita ini sambil berceriata ya :D) mengamati sebabp akibat dari sesuatu yang muncul dari monitor, saya menekan tombol dan muncul sebuah kotak pesan, dari sana saya penasaran, bagaimana bisa, lalu saya men dobel klik tombol penyebap kotak pesan tersebut, disana ada kode “msgbox “pesan”, itulah kode vb yang pertama saya kenal

Begitu pula dengan bahasa c++, dimana bahasa tersebut saya kenal dari sebuah tutorial.
Pertama kali, dalam bahasa C++, saya mengenal kode
“cout<< blablablabla” tentunya diikuti dengan #include <iostream.h>, maka, kode yang wajib anda kenal pertama kali adalah cout

Contoh
#include<iostream.h>
#include<conio.h>
Main()
{
    cout << “hello strozer”<<endl;
    getch();’
}

Outputnya adalah






Yang perlu diingat adalah #include<iostream.h> dan #include<conio.h>
Kode cout tidak akan bisa jalan bila tidak ada  #include<iostream.h> sedangkan getch tidak akan jalan bila tidak ada #include<conio.h>

main adalah fungsi utama yang akan dijalankan compiler
cout merupakan kode untuk mengeluarkan output
sintaknya adalah cout<< “output”;
sedangkan getch() digunakan untuk memnghentikan program sementara sampai ada tombol keyboard yang ditekan. fungsi getch berada pada file header conio.h.
Ada beberapa parameter lain untuk cout, dimana parameter tersebut bisa digabung dengan string setelah cout, berikut:
“\n” = untuk masuk ke baris baru, hal ini sama dengan <<endl
“\t” = menambah tab atau setara dengan 5 spasi(kalo tidak salah)
“\b” = mengeluarkan suara tuuuuuuut atau beep pada beep sound, untuk laptop, tidak banyak yang mempunyai beep sound.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar