mengambil screenshoot

Adalah hal yang cukup mendasar yang dilakukan oleh seorang penulis teknologi komputer seperti saya :D, karena sebuah image dapat mewakili sejuta kata, dan sejujurnya, saya lebih suka diterangkan dengan gambar. Oleh karena itu, setiap sistem operasi memberikan fasilitas print screen, karena di setiap keyboard selalu ada tombol tersebut. Memang sudah menjadi standarisasi sistem operasi untuk memiliki fitur tersebut.
Dalam dunia open source, sistem operasi juga telah memenuhi standarisasi sebuah sistem, untuk itu, sistem operasi yang saya miliki ubuntu 11.04 juga memiliki fitur ini, namun, ternyata tidak hanya cukup dengan menekan tombol printscreen bila anda menginginkan shoot yang lebih sempurna. 
Caranya adalah menggunakan
utility Take Screenshoot,  tool ini tersedia default pada ubuntu 11.04.


udah ya lihat lihatnya, Take screenshot diatas ada 3 pilihan, eh, 4 pilihan, yaitu:
Grab the whole desktop.
berfungsi untuk mengambil screenshoot sebanyak 1 layar penuh.
Grab the current window.
mengambil gambar pada window yang aktif, fungsi ini sama dengan fungsi att + printscreen.


Select area to grab.
untuk mengambil gambar pada area tertentu, saat memilih pilihan ini, anda akan diberikan keleluasaan untuk mengambil gambar dengan mendrag mouse sesuai area anda untuk memilih area.


Include pointer.
untuk menampilkan atau tidak mouse pointer, jika tidak ingin mouse pointer mengganggu pemandangan screenshoot anda, aktifkan pilihan ini.


Cara mengambil gambar
klik saja tombol take screenshot, dan lihat apa yang terjadi.


NOTE: untuk mengambil screenshot yang memiliki popUp menu, panjangkan saja durasi pada Grab after a delay of, misalnya adalah 5 detik, dan pastikan anda mengambil shot popUp tersebut dalam waktu 5 detik dan popUp akan masuk kedalam gambar, fungsi ini tidak akan bekerja jika anda hanya menekan tombol printScreen pada keyboard.


Setelah keluar window seperti ini, pilih clip to clipboard bila hanya ingin mengkopi image atau save untuk menyimpan dalam disk anda, okeh, selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar