Ubuntu 11.10 dirilis

tanggal ini, bulan ini, saat saya melakukan posting, saya sedang melakukan upgrade (bukan install) ubuntu dari ubuntu 11.04 ke ubuntu 11.10 aka Oneiric Ocelot, saya belum bisa mereview apa saja yang ada dalam versi ini, namun, dari pihak canonical telah mengumumkan beberapa pembaharuan, yaitu


  • Mozilla Thunderbird yang dijadikan default mail client
  • LightDm yang dijadikan standart display manager untuk login screen, yang sebelumnya menggunakan Gdm
  • Pembaharuan Unity, dimana unity 11.04 masih terjadi error
  • GTK 3
  • Deja Pup sebagai aplikasi backup
  • python 3.2
Tentunya akan lebih lebih banyak yang akan kita temukan saat kita mencoba secara langsung, oh ya, untuk cara upgradenya gampang kok
  • Buka update manager
  • lakukan check update
  • Bila anda menggunakan source PPA, supaya lebih cepat, disable saja lewat program software sources
  • Nanti akan ada pemberitahuan bahwa ubuntu 11.10 telah tersedia, berikut screenshootnya

  • Tinggal ngeklik aja kan
  • kalo mau lebih cepet proses upgradenya, gunakan server lokal, saran saya, gunakan server yang terbaik, lah gimana cara nentuin yang terbaik, ini dia caranya
    • buka synaptic
    • buka setting-> repository
    • pada dropdown "Download From" pilih other
    • klik select best server, tunggu sebentar, karena sedang melakukan test koneksi
    • nah, setelah itu, yang terpilih dalam list adalah server terbaik tadi, pilih select server dan reload terus upgrade
Cara ini sudah saya buktikan, terbukti speed download menjadi berkali kali lipat, biasanya yang terpilih adalah server lokal, maka dari itu, tidak heran bila speednya sanagt kenceng, padahal bila menggunakan main server, tspeed tidak sampai 50 kBps, sedangkan saat menggunakan server terbaik, berlaipat menjadi 22kBps, padahal tu masih dibagi dengan 3 PC, nah, saat saya melakukan pemilihan best server, server yang terpilih adalah server indika :D, okeh met download memggunakan ubuntu 11.10 :D

2 komentar:

  1. santai, tombol restart ilang msh ada sudo reboot
    XD

    BalasHapus
  2. aaaaaaahahahahah, iya mas bneer, besok saya buat tutornya buat launcher untuk reboot, dan beberapa bugnya sudah tak tulis disini
    http://kozalinux.blogspot.com/2011/10/ada-yang-hilang-di-ubuntu-11-10.html

    BalasHapus